Minggu, 04 Maret 2012

AQUASCAPE: KEINDAHAN ALAM DALAM AQUARIUM

Bagi para pecinta tanaman dan ikan hias, sekarang kedua hobi ini bisa digabungkan menjadi satu dalam sebuah media Aquarium kaca. beberapa tahun belakangan ini, aquascape mulai populer dikalangan pecinta keindahan aquarium di Indonesia.


Dalam aquascape, subjek keindahan utama dalam aquarium bukan berasal dari gerakan atau warna-warni tubuh ikan, melainkan berasal dari tumbuhan air yang diposisikin sedemikian rupa sehingga menghasilkan nuansa yang estetik seperti yang terlihat di alam. ikan dalam hobi aquascape lebih berperan sebagai penyeimbang ekosistim dalam aquascape.

selain tumbuhan dan ikan, media lain juga ditambahkan guna meningkatkan kesan alami dalam implementasi aquascape.  Batu alam, dan batang kayu merupakan jenis media yang paling umum digunakan. Walaupun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan fosil batu atau kayu yang lebih memberi kesan mewah dan exclusive.



Beberapa orang menganggap bahwa hobi ini pasti sangat merepotkan dan memerlukan banyak biaya untuk ditekuni. Akan tetapi, sudah banyak komunitas di indonesia yang berusaha membuat aquascape dengan konsep natural dan low cost. Dimana, pemilihan jenis tanaman dan media tanam menjadi hal paling dasar yang wajib di ketahui. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan dengan penggunaan hi-tech yang membutuhkan banyak biaya, dan membuat sebuah ekosistem yang lebih stabil.



Dalam hal perawatan, sebuah aquarium aquascape yang sudah stabil dan mature (berumur lebih dari satu bulan) bisa dibilang minim perawatan.Karena sebuah ekosistim yang dibuat semirip mungkin dengan kondisi di alam tidak memerlukan banyak campur tangan manusia. Hal ini lah yang menimbulkan pendapat bahwa aquascape adalah aquarium tanpa kuras.

akan tetapi keseimbangan tersebut tetap memerlukan campur tangan manusia, terutama mengenai nutrisi yang harus di dapatkan oleh tumbuhan. baik dalam bentuk pupuk, pencahayaan ataupun kadar CO2. yang semuanya dapat kita penuhi dengan mudah di toko ikan hias dan aquascape.

Semoga, di kemudian hari, saat saya sudah mulai menetap, saya dapat memulai hobi ini. dan berbagi pengalaman dengan para blogger skalian. 

source: google, kaskus, dll

1 komentar:

  1. Nice Artikel..

    Mungkin sobat banyak yang bertanya-tanya, "untuk apa sih aquascape?? benarkah aquascape itu bermanfaat??, trus apa seh manfaatnya, coba pikir 100 x deh, aquascape kan mahal?" Atau mungkin banyak lagi yah keraguan sebelum membuat aquascape, Ok inilah jawabannya...

    Baca lebih lanjut, PENTING!! 7 Manfaat Membuat Aquascape Yang Belum Anda Ketahui

    !! Temukan kemudahan dan nuansa baru berbelanja online aquascape !!

    Pachira Aqua5cape : Menyediakan kebutuhan Aquarium Tanaman Hias Air Tawar, berupa Ikan, Udang, Keong, Tanaman Stem Moss, Anubias, Peralatan Aquascape

    www.aqua5cape.com

    BalasHapus